Tipe dan Fungsi Warna

Kesempurnaan desain salah satunya adalah warna. Perpaduan warna akan menjadikan desain sangat istimewa, enak dilihat bahkan menjadi spesial, tentunya dengan pengaturan yang baik. akan tetapi pasa saat ini banyak para desainer tingkat pemula/pelajar kurang bisa mempelajari dan mengenal warna. sehingga desain yang luarbiasa baik tidak menjadi sempurna karena warnanya pucat, gelap, keterangan, tabrakan, tidak mecing atau yang lainnya. kasus yang lain juga ketika desain ingin dicetak menggunakan mesin offset yang hasilnya buram (warna tidak sempurna).
Dari kasus-kasus diatas kita akan bahas semuanya pada materi ini. adapun materi yang akan dibahas antara lain
a. Perkenalan warna
b. Tujuan Pewarnaan
c. Gradasi dan Pencampuran warna
d. Finishing dan printing

A. Perkenalan Warna
Pada sub ini kita akan menjabarkan tentang warna. warna terbagi menjadi 2 bagian
1. CMYK (Cyn, Magenta, Yelow, Black)
2. RGB (Red, Green, Blue)

1. CMYK
warna ini sering kita lihat dan kita gunakan pada setiap alat cetak. seperti printer, mesin offset dan yang lain. dengan 4 warna saja dapat memberikan warna yang luar biasa indah. Tipe warna ini lebih digunakan untuk percetakan, atau transper warna dari komputer ke media cetak: seperti printer, digital printing, mesin offset dan lain-lain.
Pembuatan design diawali dengan pemilihan tipe warna yang akan digunakan (misalnya Adobe Photoshop) bisa dipilih dari color mode (image-mode-color), terdapat pilihan warna yang akan kita gunakan. Jika kita ingin mendesain untuk mencetak maka layaknya diawali dengan menggunakan mode  CMYK.
kasus yang terjadi ketika mendesain untuk dicetak, anggap mendesain untuk brosur cetak. ketika didesain warna dan tampilan sangat absolut, akan tetapi ketika dibuat film untuk dicetak warnanya tidak sesuai dengan hasil yang didesain. Kasus ini tidak lain adalah karena salah menggunakan tipe warna yaitu RGB yang seharusnya menggunakan CMYK.
berbeda dengan printer doku (seperti espon, canon, hp yang biasa digunakan personal) yang sudah diset untuk semua tipe warna
apapun. sehingga bisa mencetak baik dengan warna apapun.
2. RGB
tipe warna ini adalah tipe warna yang biasanya digunakan untuk di destop atau layar (tidak untuk di print) seperti contohnya gambar untuk tampilan layar, gambar untuk film, gambar untuk web design dan yang lainnya. gambar-gambar diatas tidak memerlukan pencetakan dan harus menggunakan tipe warna RGB dengan alasan tipe warna ini akan lebih cerah.
jika menggunakan CMYK maka hasil yang akan diinginkan tidak sebaik atau setajam RBG. seperti contohnya black di RGB lebih hitam pekat dibanding black CMYK yang hitam kebiru-biruan.

 

B. Tujuan Pewarnaan
Warna memiliki banyak fungsi dan kegunaan, karena warna adalah jiwa dari sebuah desain. desain yang baik adalah desain yang memiliki karakter warna yang baik dan tujuan dari desain itu sendiri. seperti ketika kita ingin mendesain tentang go green, maka yang harus banyak warna hijau, jika kita ingin mendesain untuk partai PDIP, maka yang harus banyak warna merah. begitu juga ketika kita membuat brosur, atau company profile haruslah kita memberikan warna sesuai dengan karakter warna company tersebut, baik dari warna khas gedung ataupun logo. seperti company profile Pertamina yang memiliki logo merah dan hijau muda, maka kita harus mendesain dengan warna merah dan hijau muda juga. contoh lain ketika kita mendesain untuk logo SMK Tunas Grafika Informatika yang memiliki dasar warna gedung biru, oranye maka layaknya brosur mencerminkan objek yang akan kita desain.
Tujuan pewarnaan selain berfungsi untuk menggambarkan objek seperti diatas, selain itu adalah memberikan kesan yang lebih. seperti ketika kita mendesain walpaper untuk ruang sempit, gelap, luas. atau kita akan mendesain sesuatu yang sederhana supaya menjadi meawah, mendesain poster sesuai dengan event tertentu (anak-anak, religi, remaja) partinya memerlukan warna khusus yang mencerminkan.
Ketika kita menemukan ruangan yang sempit, layaknya kita mendesain walpaper dengan warna cerah muda, seperti warna hijau muda #d0fc00, #00edfc, #f8c1f7, #eefead. warna seoerti yang disebut sangat layak digunakan untuk ruang yang sangat sempit. berbeda dengan ruangan besar yang akan diberikan kesan elegan yaitu dengan warna lebih keputih #fce2c0 dengan corak batik transparancy 80%-90%. Adapun ruangan yang memiliki suhu udara panas, maka layaknya kita mewarnakan dengan warna yang kalem seperti #04fc7f, #fc803c, #3c5cfc, #923cfc, #fc3ce3 dan yang lainnya.
Beda dengan kegunaan untuk desain acara anak-anak, maka pewarnaan harus lebih kepada warna yang lembuh dengan gradasi yang lembut juga seperti #08fbed gradasi #01fd36 dengan tambahan objek-objek yang lebih kekanakan (kupu-kupu, bunga, boneka, dll). adapun kegunaan untuk acara wanita maka lebih banyak warna magenta #ec008c. atau acara religi lebih kewarna hijau #0c7d00.

Leave a comment